free hit counter Penjelasan Lengkap Sistem Informasi Akuntansi: Tujuan, Fungsi dan Contoh Materinya - Bahatibooks

Penjelasan Lengkap Sistem Informasi Akuntansi: Tujuan, Fungsi dan Contoh Materinya

Menimpa penafsiran, guna, tujuan dan contoh modul dari sistem data akuntansi sangat berfungsi berarti dalam suatu manajemen keuangan yang pada biasanya diterapkan oleh industri.

Industri mempunyai banyak hal- hal yang butuh dikontrol mulai dari manajemen sampai pelaporan keuangan. Disini hendak kita bahas spesial pelaporan keuangan memakai SIA.

Penjelasan Lengkap Sistem Informasi Akuntansi: Tujuan, Fungsi dan Contoh Materinya

Sistem Informasi Akuntansi

Pengertian Sistem Data Akuntansi ( SIA) ialah sistem data memakai komputerisasi buat mencerna informasi data keuangan yang berhubungan dengan informasi transaksi. Yang Terjadi dalam siklus akuntansi dan penyajiannya dalam wujud laporan keuangan kepada manajemen industri.

Penafsiran dari sistem data akuntansi bagi ahli

Dalam ahl ini penafsiran sistem data akuntansi dalam bukunya Sistem Akuntansi, Edisi ke- 3, Jakarta, Salemba 4, 2001, Mulyadi melaporkan kalau: Sistem akuntansi merupakan organisasi formulir.

Catatan serta laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa berperan sediakan data keuangan yang diperlukan oleh manajemen guna mempermudah pengelolaan industri.

Bisa diibaratkan Sistim Data Akuntansi ialah kumpulan sumber energi semacam: manusia serta perlengkapan yang diatur sedemikian rupa buat mengganti informasi akuntansi. Jadi data akuntansi yang diperlukan oleh para penggunanya Bagi George H. Bodnar serta William S. Hopwood yang ditulis pada tahun 1996.

Pada intinya sistem data akuntansi merupakan lapisan dari bermacam laporan yang didesain buat mentransformasikan informasi keuangan dari suatu industri ataupun organisasi. Jadi data keuangan yang bermanfaat serta berguna. Bagi definisi dari Widjajanto yang dikemukakan pada tahun 2001

Judul nove“ Sistem Data Akuntansi, Jakarta, Erlangga, 2001, bagi Nugroho Widjajanto melaporkan kalau:“ Sistem data akuntansi merupakan lapisan formulir, catatan.

Baca Juga: 

Aplikasi Fintech Pinjaman Online OJK Yang Legal

Pinjaman Uang Dengan Jaminan KTP dan KK Proses Cepat

Perlengkapan tercantum pc serta peralatannya dan perlengkapan komunikasi, tenaga pelaksanaa serta laporan yang terkoordinasi secara erat didesain buat mentransformasikan informasi keuangan jadi data yang diperlukan manajemen.

Setelah itu menimpa tujuan pemakaian sistem data akuntansi( SIA) ialah:

  • Mengawasi terhadap segala kegiatan keuangan perusahaan
  • Mencerna serta menaruh informasi segala transaksi keuangan
  • Memproses informasi keuangan jadi data dalam pengambilan keputusan manajemen menimpa perencanaan serta pengendalian usaha
  • Efisiensi bayaran serta waktu terhadap kinerja keuangan
  • Menyajikan informasi keuangan secara sistematis serta akurat dalam periode tertentu
  • Komponen yang ada pada SIA

Sistim Data Akuntansi mempunyai sebagian komponen yang silih tersambung antara lain merupakan:

  • Sumber energi manusia( SDM) yang terlatih yang menguasai bisnis proses akuntansi serta keuangan secara universal, misalnya seseorang Accounting
  • Prosedur keuangan serta akuntansi
  • Formulir Informasi Keuangan, buat mencatat segala kegiatan keuangan meliputi transaksi kas, persediaan, piutang, aktiva senantiasa, hutang, penjualan serta biaya
  •  Accounting Aplikasi, contohnya: MYOB, zahiraccounting, Oracle Finance, Accurate

Hardware berbentuk seperangkat pc yang tersambung dengan jaringan( Networking), serta kelengkapan pernak- pernik pendukung lainnnya

1. Sumber energi manusia

Manusia merupakan komponen terutama dari sesuatu sistem data( baik itu SIA ataupun Sang yang lain). Sebab ini berbentuk sistim yang di mau buat memudahkan sesuatu pekerjaan sehingga terciptalah serta perlu subjek buat melaksanakan ialah sumber energi manusai.

Oleh sebab itu dalam menyusun suatu sistem data akuntansi butuh memikirkan aspek dari pelaksana tersebut, yang meliputi aspek sosial, pembelajaran serta psikologi dari manusianya.

2. Hardware berbentuk pc serta otomatisasi

Bagi Robert H. Blissmer, membagikan definisi kepada pc bagaikan berikut:

Pc merupakan perlengkapan elektronik yang sanggup melaksanakan sebagian tugas ialah menerima input. Memproses input cocok progamnya, menaruh perintah serta hasil pengolahan dan sediakan output dalam wujud informasi.

Otomatisasi kantor merupakan sesuatu proses pemanfaatan teknologi data di dalam tempat kerja, yang mencakup pemrosesan bacaan, pemrosesan pesan serta pemrosesan foto. Contoh: Mesin Fax, Mesin OCR, Telecommuting.

3. Basis data

Merupakan kumpulan informasi pc yang silih terpaut, diorganisasikan serta ditaruh dalam pc dengan metode yang bisa mempermudah mendapatkan data buat pengambilan keputusan

4. Pengkodean

Merupakan metode mengimplementasikan sesuatu skema klasifikasi dari informasi dalam sistem data yang lagi dijalankan, meliputi antara lain kode rekening, kode formulir

5. Dokumen

Dokumen ini iyalah formulir yang digunakan buat menangkap informasi yang terjalin meliputi catatan, skema, penjelasan, bagan alir, cetakan program serta lain sebagainya

6. Laporan

Merupakan output yang diperoleh dari sesuatu sistem data akuntansi, misalkan laporan keuangan serta laporan produksi

Hambatan universal dalam pelaksanaan SIA meliputi

Sumber Energi Manusia( SDM) yang belum siap terhadap pelaksanaan sistem serta standarisasi keuangan yang baru, dibutuhkan waktu yang lumayan buat pelatihan dan penerapannya.

Diperlukan aplikasi accounting serta fitur pc yang mendukung tingkatan keamanan serta kerahasiaan informasi keuangan 100%.

Dengan pengaplikasian sistim ini berharap informasi yang disajikan lebih pas waktu, akurat, valid serta terotorisasi dengan baik. Cocok dengan prosedur keuangan serta akuntansi baku ataupun PSAK yang berlaku universal.

Sistem Data terdiri dari sebagian tipe, ialah:

1. Sistem Pengolahan Informasi Elektronik( Elektronic Informasi Processing/ EDP)

Penafsiran dari sistem pengolahan informasi elektronik merupakan sistem pengolahan data- data transaksi dalam sesuatu industri dengan menggunakan tekhnologi pc dalam sesuatu organisasi.

2. Sistem Data Manajemen( Manajemen Information Systems/ MIS)

Sistem Data Manajemen ialah kumpulan dari sumber energi manusia serta sumber energi modal( mesin) dalam sesuatu organisasi yang bertanggungjawab mengumpulkan serta mencerna informasi.

Buat sediakan data yang bermanfaat bagaikan pendukung pembedahan manajemen serta pengambilan keputusan manajemen.

MIS terdiri dari sebagian sistim data meliputi Data Sumber Energi Manusia, Sistem Data Pemasaran, Sistem Data Penciptaan, Sistem Sistem Data Keuangan serta Sistem Data Akuntansi.

3. Sistem Pendukung Keputusan( Decision Support Systems/ DSS)

Yang diartikan dengan Sistem Pendukung Keputusan ialah kelompok sistem data yang menguraikan sistem pemrosesan transaksi serta berhubungan dengan bagian lain dari sistem secara totalitas.

Digunakan buat mendukung kegiatan pembuatan keputusan para manajer serta pekerja terdidik lain dalam sesuatu industri.

4. Sistem Ahli( Expert Systems/ ES)

Yang diartikan dengan Sistem Ahli merupakan sistem data berbentuk program pc berisi tentang kemampuan manusia buat bisa digunakan dalam membagikan nasehat, saran serta hasil penaksiran terhadap sesuatu permasalahan dalam bidang- bidang tertentu.

5. Sistem Data Eksekutif( Executive Information Systems/ EIS)

Sebaliknya penafsiran dari Sistem Data Eksekutif merupakan salah satu tipe manajemen sisitim. Data terkomputerisasi yang berikan kemudahan akses menimpa data baik dari dalam ataupun dari luar yang relevan dengan aspek tujuan yang mau dicapai industri.

6. Sistem Data Eletronik Bisnis( e- Business Information Systems)

Penafsiran dari Sistem Data Eletronik Bisnis merupakan sistem terkomputerisasi yang berbasiskan internet di dalam melaksanakan aktivitas bisnis.

Bagikan:
About Bahatibooks

Sekelompok Organisasi yang mencintai dunia Bisnis Modern. Membangun Digital Information Technology Professional berbasis Website App Android.

Tinggalkan komentar