Web Analytics
Cara Menghapus Data Kontak Dari Pinjaman Online - Bahatibooks

Cara Menghapus Data Kontak Dari Pinjaman Online

Saat ini kita akan membagikan konten menarik yang membahas bagaimana cara menghapus data kontak dari pinjaman online. Pinjaman online atau sering kita sebut “pinjol” semakin populer dan genjar melakukan penawaran. Demi menadatangkan lebih banyak orang untuk melakukan pinjaman online.

Promosi yang mereka tempuh sangat beragam, mulai  dari talkshow di televisi, podcast, media sosial. Bahkan gencar mengirim pesan SMS maupun chat ke nomor handphone pribadi. Entah mereka mendapat nomor dari mana sehingga bisa menlancarkan spam promosi.

Cara menghapus data dari pinjaman online

Untuk sebagain orang hal ini tentunya cukup mengganggu. Sebab terkadang mereka mengirim sms promosi yang kurang tepat siapa yg seharusnya mereka tuju. Jika sudah terjebak oleh pinjol ilegal, pembayaran hutang harus dilakukan terus menerus.

Nah disinilah akar permasalahanya, sebab jika kita pernah melakukan pinjaman online data kita akan tersimpan bahkan tersebar. Sehingga mudah sekali untuk dispam promosi pinjol lainya. Untuk menghindari hal tersebut agar tidak semakin mengganggu, berikut dibawah cara menghapus data dari pinjaman online secara tuntas yang harus anda tahu.

"cara

Alasan anda perlu tahu cara menghapus kontak di pinjaman online

Khusus untuk anda yang akan menggunakan jasa pinjol pertama kalinya. Perlu diperhatikan ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum melakukanya. Ini bertujuan agar nantinya anda tidak mengalami hal buruk yang tidak mengenakkan saat anda terjebak penagihan utang online.

Dilansir dari pernyataan Manajemen BI, yang paling perlu anda katahui menghapus data kontak pribadi dari pinjaman online. Sebab bahaya terbesar pinjol adalah penyalahgunaan data pribadi yang bisa tersebar dimanapun. Biasanya mereka pelaku pinjol akan memberikan sebuah link melalui spam sms ataupun kontak langsung dengan anda. Kemudian link tersebut menuju aplikasi mereka yang dapat anda unduh.

Disaat kamu melakukan registrasi untuk mengajukan pinjaman uang, aplikasi akan meminta izin untuk bisa mengakses data pribadimu yang tersimpan di smartphone. Seperti kontak, email, tempat tinggal, sosial media kamu. Begitu mendapat izin dari anda saat menginstalnya banyak pinjol tidak resmi yang  melakukan penyalahgunaan data-data tersebut.

Data-data tersebut akan tersebar bebas serta dapat digunakan sebagai penyalahgunaan yang dilakukan pihak pinjol itu sendiri. Untuk membuat penekanan dan ancaman ketika pembayaran tagihan mengalami kendala.

Dengan cara meneror keluarga dan teman-teman terdekatmu, agar mereka terdesak dan otomatis kemudian akan mendesak nasabah untuk segera membayar tagihan sesuai perjanjian. Contoh teror yang dilakukan adalah pencemaran nama baik. Oleh sebab itu, wajib sebelum mengajukan pinjaman online, cek terlebih dulu apakah pinjol tersebut secara resmi terdaftar OJK.

Pinjol legal yang sudah terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sesuai peraturan seharusnya hanya akan menggunakan data pribadi kamu untuk melakukan analisis kelayakan pinjaman kredit yang diajukan. Peraturan yang tertulis di OJK sendiri sangat tegas melarang pihak manapun memanfaatkan data pribadi nasabah untuk hal selain proses analisis tersebut.

Hal yang perlu di perhatikan sebelum menghapus kontak dari pinjaman online

Sebelum anda mennghapusan data-data pribadi. Hal dibawah ini perlu diperhatikan terlebih dahulu. Salah satunya adalah kewajiban utang bago peminjam. Sebagai tanggung jawab untuk memiliki uang pinjaman dari Fintech, Anda diwajibkan harus melakukan pembayaran secara rutin dari uang yang dipinjamkan sesuai perjanjian disetujui sebelumnya.

Hati-hati, ada beberapa lender pinjol yang tidak terdaftar FSA sehingga termasuk ke dalam kategori ilegal. Sudah banyak para peminjam yang telah terjebak dengan pinjaman online. Maka tidak sedikit dari mereka yang harus melakukan pembayaran terus menerus sampai akhir. Dengan keterangan utang yang awalnya hanya Rp 600 ribu bisa menjadi jutaan. Inilah yang menjadi alasan terkuan anda untuk mencari tahu bagaimana cara menghapus data dari pinjaman online.

Banyak para pelaku peminjam yang menahan beban hingga diteror terus menerus bahkan setelah pembayaran dilakukan. Hal ini sangatlah mengganggu dan menyebabkan kemiringan juga tidak dapat berkonsentrasi pada pekerjaan dalam aktifitas sehari-hari. Akibatan teror ancaman yang ditimbulkan oleh pemberi pinjaman secara online maupun terang-terangan.

Hal buruk lainya dari Pinjol iyalah bunga yang terlampau tinggi melewati kewajaran perhitungan kredit. Nasabahnya sangat rentan terlilit utang yang merugikan. Cermati rincian pembayaran pada saat jatuh tempo ini sangatlah penting. Tidak sedikit pinjol legal yang tidak transparan mengenai suku bunga mereka.

Maka anda harus tau bagaimana menghilangkan data dari pinjaman online. Setidaknya sampai bisa membuat kita dapat beraktifitas normal. Agar dapat melakukan pembayaran lunas sesuai perjanjian.

Hilangkan izin akses data kontak di pinjaman online

Disini kita akan menjelaskan cara agar aplikasi pinjaman online tidak bisa mengakses data di telpon kita tanpa harus menghapus aplikasinya. Dengan cara menonaktifkan izin aplikasi tersebut mengakses telpon data kita. Biasanya pada saat kita menginstall aplikasi pinjaman online pertama kalinya meminta akses data pribadi, kita tolak saja.

Seperti yang saya jelaskan diatas, data yang diminta biasanya adalah lokasi, contact, dan kamera dan semuanya berdifat sensitif. Lebih parahnya lagi beberapa aplikasi bahkan meminta untuk bisa mangakses internet banking dan eccomerce milik pengguna, wah ngeri.

Sekali saja kita mengizinkanya, maka aplikasi tersebut dapat mengambil data-data penting yang tersimpan di telpon. Kesempatan kali ini kami informasikan cara mudah menghilangkan izin dari aplikasi pinjol bahkan aplikasi lainya yang bersifat data penting.

Next dibawah ini langkah-langkah cara menghilangkan izin bagi aplikasi untuk mengakses data senditif di smartphone.

  1. Pertama klik setting dengan ikon roda bergerigi di sudut kanan atas screen smartphone kamu.
  2. Pilih menu ‘Aplikasi’.
  3. Pilih aplikasi pinjol atau yang berhubungan yang ingin kamu rubah izinnya.
  4. Scroll ke bawah, cari izin seperti yang dimaksud rubah setingnya. "<yoastmark
  5. Matikan semua izin bersifat sensitif yang tidak kamu kehendaki.

BACA JUGA: 

Langkah Extream Hapus Data Di Pinjaman Online Itu Sendiri

Ini bertujuan untuk mengapus tuntas data yang pernah anda daftarkan di aplikasi pinjaman online secara tuntas. Perlu kamu pahami cari ini hanya untuk kamu yang sudah berkomitmen untuk tidak lagi menggunakan pinjol atau jas sejenis lainya.

Langsung saja ini cara menghapus data kontak dari pinjaman online:

  1. Pertama wajib pinjaman sudah berstatus lunas, kemudian hubungi call center pinjol yang bersangkutan dan ajukan permohonan penghapusan seluruh data pribadimu yang disimpan oleh mereka.
  2. Uninstall aplikasi pinjaman online yang sudah terinstall di smartphone kamu.
  3. Buang kartu sim card anda, ganti dengan yang baru.
  4. Mungkin ini yang agak disayangkan yaitu menghapus akun media sosial WA, IG, LINE hingga Facebook.
  5. Reset data smartphone dan ganti dengan akun baru baru.
  6. Terakhir yang bisa kami sarankan jika gangguan masih berlanjut, laporkan ke OJK.

Terlepas dari baik buruknya kami tidak bertanggung jawab apapun itu. Artikel ini hanya sekedar sharing untuk menjawab banyaknya kalayak yang ingin datanya di hapus dari aplikasi pinjaman online itu sendiri. Dikarenakan kekawatiran kebocoran data yang digunakan pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan pinjaman online di app lain.

Cara mengamankan data kontak dari aplikasi pinjaman online

Kami tetap menyarankan musyawarah jalan terbaik untuk masalah yang ditimbulkan dari aplikasi utang online ini. Semoga tips yang kami berikan ini bisa membantumu keluar dari masalah penyalahgunaan data nasabah dalam aplikasi online ya.

Dan lebih baik kelola keuanganmu dengan lebih disiplin. Mengingat bahaya tersebut, tidak melakukan pinjaman online adalah langkah terbaik menurut kami dengan cara menerapkan pola hidup yang lebih hemat dan menabung gaji penghasilan yang anda peroleh secara rutin. Kembangkan terus kinerja profit anda untuk kehidupan yang lebih mapan.

Tinggalkan komentar