free geoip Cara Menggunakan Kartu E-Toll Card di GTO Aman dan Praktis - Bahatibooks

Cara Menggunakan Kartu E-Toll Card di GTO Aman dan Praktis

Hai guys! Jumpa lagi bersama kami. Pada artikel sebelumnya kami telah membahas secara lengkap mengenai cara mendapatkan kartu E-Toll tanpa ribet. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan lanjut membahas mengenai bagaimana cara menggunakan kartu E-Toll di Gardu Tol Otomatis (GTO).

Cara Menggunakan Kartu E-Toll Card di GTO Aman dan Praktis

Cara Menggunakan Kartu E-Toll Card di GTO Aman

E-toll card merupakan kartu yang kita gunakan untuk melakukan transaksi sebelum masuk ke jalan tol. Dengan adanya kartu E-Toll ini sangat membantu dan memudahkan pengguna jalan tol dan petugasnya. Karena dengan menggunakan kartu tol elektronik ini, petugas tidak perlu lagi repot  dalam menarik uang dan memberikan kembalian, sehingga lebih praktis dan dapat menghindari kemacetan.

Saat ini setiap gerbang tol telah menerapkan fasilitas Gardu Tol Otomatis (GTO) sehingga sudah tidak ada lagi petugas yang menarik pembayaran tunai dan membuka portal manual. Akan tetapi, dengan sistem yang serba cepat ini masih banyak orang yang canggung dan awam dengan cara penggunaan kartu tersebut.

Ketika hal tersebut terjadi, masih ada pengendara yang kebingungan mengenai cara menggunakan kartu E-Toll Card di GTO dan saat sedang membaca petunjuk pengguaan eh kendaraan lain sudah mengklakson sehingga terkadang menimbulkan kemacetan juga. Sehingga sebelum masuk gerbang tol, alangkah baiknya kamu sudah tahu cara penggunaan kartu tersebut ya.

Fitur-Fitur Kartu E-Toll  

Selain untuk melakukan pembayaran sebelum masuk jalan tol, ternyata masih banyak lagi fitur-fitur yang ditawarkan oleh kartu tol otomastis tersebut. Fitur-fitur dari E-toll Card sendiri antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai alat pembayaran otomatis/pengganti uang tunai
  2. Saldo tersimpan pada chip membuat kartu ini tidak diperlukan tanda tangan dan PIN
  3. Saldo dapat diisi ulang
  4. Dapat dipindahtangankan
  5. Saldo pada kartu tidak dikenakan bunga
  6. Maksimal saldo cukup bdesar
  7. Dapat digunakan untuk pembayaran tagihan lain, namun ini khusus di lalukan di gerai Indomaret. Tagihan tersebut seperti : PLN, Telkom, Indovision, First Media, dan Oto Multi Artha

Kelebihan Penggunaan E-Toll

Kartu pembayaran tol elektronik ini tentuya juga memiliki banyak keuntungan. Keuntungan menggunakan E-toll diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Transaksi lebih cepat dan praktis : dengan kartu ini transaksi membayar tol menjadi jauh lebih cepat, karena menggunakan tenaga mesin sehingga tidak perlu menunggu lama untuk pengembalian bayar tol, karena pembayaran langsung dari kartu.
  • Mudah digunakan : hanya tinggal menempelkan kartu pada tempat yang sudah disediakan maka dalam beberapa detik mesin akan membaca kartu kermudian palang pintu akan terbuka.
  • Tidak menimbulkan antrian yang terlalu panjang : gardu tol yang menyediakan pembayaran dengan e-tol ini cenderung lancar karena petugas tidak perlu lagi repot-repot menarik uang dan mencarikan kembalian sehingga waktu pelayanan menjadi lebih singkat.

Cara Menggunakan Kartu E-Toll Card di GTO Praktis

Cara menggunakan E-Toll di GTO sangat praktis dan mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapapun yang memiliki E-Toll Card. Tenang saja untuk mempelajarinya kamu tidak akan membutuhkan waktu yang lama dan latihan yang panjang. Bahkan dengan sekali membaca panduan yang akan kami berikan di bawah ini, kamu pasti akan langsung bisa menggunakannya.

Adapun langkah-langkah cara menggunakan E-Toll di gerbang tol otomatis tanpa penjaga adalah sebagai berikut :

  1. Pertama pastikan nominal saldo E-Toll Card kamu masih cukup untuk melakukan pembayaran.
  2. Saat tiba di GTO, akan ada mesin pembaca E-Toll Card yang mirip dengan mesin pembayaran parkir yang biasa kita temui di tempat perbelanjaan.
  3. Kemudian tempelkan kartu E-Toll pada area di mesin yang terdapat tulisan Tempel Disini. Dan tunggulah beberapa detik untuk mesin melakukan pemrosesan pada E-Toll Card.
  4. Setelah itu, akan muncul nominal pembayaran jalan tol yang harus kamu bayarkan  sampai memasuki pada gerbang toll berikutnya. Apabila nominal pada kartumu cukup  maka pintu gerbang tol akan terbuka. Namun apabila saldo pada kaertu kamu tidak mencukupi, maka kamu dapat membayar tol pada gerbang non GTO menggunakan uang tunai.
  5. Lalu tarik kembali kartu E-Toll dari mesin setelah gerbang tol terbuka.
  6. Selanutnya, pada pintu keluar tol serahkan kartu E-Toll pada petugas untuk melakukan pembayaran penggunaan jalan tol.
  7. Terakhir jangan lupa ambil kembali E-Toll Card setelah melakukan transaksi.

Cara Menggunakan OBU E-Toll Pass Mandiri

Saat ini ada sistem baru loh yang tentunya semakin memudahkan pembayaran tol. Kamu tidak perlu lagi repot-repot membuka kaca mobil dan menjulurkan tangan untuk transaksi dengan kartu e-Toll di GTO. Sistem tersebut menggunakan alat bernama On Board Unit (OBU) untuk mempermudah transaksi dengan sistem deteksi otomatis.

Namun, sistem ini masih terbatas keberadaannya. Saat ini OBU yang banyak beredar berupa e-Toll Pass Mandiri yang hanya dapat digunakan pada kartu e-Money yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Sedangkan bank-bank lainnya masih belum bisa menggunakannya.

Untuk memiliki e-Toll Pass Mandiri ini kamu perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu dengan membelinya di toko online. Biasanya dalam satu paket pembelian sudah termasuk kartu e-Toll baik tanpa saldo maupun yang berisi saldo. Walaupun agak mahal dibanding kartu E-Toll, namun ini sebanding lah ya dengan fasilitas yang kamu dapatkan.

Nah, untuk cara penggunaan e-Toll Pass Mandiri adalah sebagai berikut :

  • Sebelumnya kamu perlu menempelkan OBU e-Toll Pass Mandiri pada kaca mobil kamu, misalnya di dekat spion di bagian tengah.
  • Sistem OBU sudah dilengkapi dengan sebuah kartu e-Money, jadi pastikan saldo kamu mencukupi. Untuk mengeceknya kamu bisa melihatnya pada panel LCD yang terdapat pada OBU.
  • Sebelum memasuki gerbang tol pastikan gerbang tol yang akan kamu lewati memiliki logo OBU atau e-Toll Pass OK agar kamu dapat menggunakannya. Apabila tidak ada, kamu harus menyiapkan kartu e-Toll biasa dan menggunaknnya.
  • Pertahankan kecepatan kendaraanmu kurang lebih 10 km/jam saat memasuki GTO untuk mempermudah transaksi.
  • Selanjutnya setelah berhasil melakukan transaksi, OBU akan memberikan indikator bunyi “bip’. Biasanya proses ini hanya membutukan waktu sekitar 2 detik saja.
  • Lalu gerbang tol akan otomatis terbuka, kamu juga bisa melihat sisa saldo kartu e-Toll pada layar yang disediakan di GTO.
  • Selanjutnya kamu bija melajukan kendaraanmu untuk melanjutkan perjalanan.

Tips Agar Bertransaksi Aman Menggunakan Kartu E-Toll

Berikut ini kami berikan beberapa tips atau solusi yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari permasalahan saat akan menggunakan kart E-Toll, yaitu sebagai berikut :

1. Patikan Kamu Membeli dan Mengisi Saldo E-toll Card Ditempat yang Terpercaya

Hal ini untuk menghindari adanya pemalsuan kartu E-Toll oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung-jawab.

2. Selalu Cek Saldo Mandiri E money

Biasakanlah untuk selalu mengecek saldo e toll card baik sebelum ataupun setelah penggunaan transaksi. Selain untuk mengetahui saldo yang tersedia, hal tersebut juga dilakukan untuk memastikan tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

3. Bubuhkan Tanda Tangan pada bagian belakang E-toll card atau Mandiri e money E-toll card untuk menghindari kartu tertukar.

Pastikan pula untuk selalu megecek kembali kartu setelah membayar tol ataupun pembayaran lainnya agar tidak terjadi kesalahan.

4. Gunakan E-toll Card Bergambar Unik

Hal ini bertujuan agar kartu susah untuk di palsukan atau ditukar oleh oknum –oknum yang tidak bertanggung jawab dan juga tidak akan mudah tertukar dengan kartu milik orang lain.

5. Menempelkan Stiker Pada E-toll Card

Jika kamu sudah memiliki E toll card dengan desain yang sudah dimiliki oleh banyak orang, kamu bisa menempelkan stiker-stiker yang menarik untuk meminimalisir kartu agar tidak tertukar.

Penutup

Nah, demikianlah informasi yang dapat kami berikan seputar cara menggunakan kartu E-Toll Card di GTO yang mudah, praktis dan aman. Semoga informasi yang kami berikan akan dapat mengurangi kebingungan kamu saat memakai  kartu EToll Card di GTO yang tidak dilengkapi petugas penjaga.

Kami juga mengucapkan terimakasih karena telah mengikuti artikel kami sampai akhir, kamu juga bisa mengunjungi artikel kami yang lain di Bahatibooks.com untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

See you

Bagikan:
About Susi Arfi

Jika tidak mampu menciptakan perubahan besar, maka ciptakanlah perubahan dari hal terkecil yang kamu bisa.

Tinggalkan komentar